Glitter Words
Wellcome to my blog Diary

Tergiur iming2 Discount, tak peduli walau yg dibeli sudah kadaluarsa (tak layak dikonsumsi)

       Pagi ini 23/08/13 teman kerja yang kebetulan satu rumah (employer yg sama) pulang dari pasar bawa 2 pack mie sedap rebus dengan dua rasa yg berbeda, pikirku tumben, padahal stok mie masih ada 3 pack blm habis sudah beli lg.
"lumayan dek, lagi discount dikasih $5/pack" katanya riang.
HAAAAH?!!! Saya sendiri mlah bingung dan mengerutkan kening, selidik punya selidik pas saya ceck  bungkus mie dan liat tanggal kadaluarsanya itu ternyata yang rasa Ayam Special 19/08/13 dan yang rasa Soto Koya 20/07/13. Waduuuuuh,, Sedikit kesal saya sama teman saya ini kok kadaluarsa dibeli.

"haimeeh?? cece gak tau lho dek klo ternyata itu kadaluarsa, gak di cek dulu soalnya buru-buru" sambungnya menjelaskan, kali ini wajahnya murung, betapa tidak wong udah dibodohin dengan embel2 'DISCOUNT'. Baca selanjutnya -->





        Jadi penasaran, saya coba mampir ke toko indo tsb, pura-pura mau beli sesuatu bareng anak saya, ternyata memang benar, ada dua dus Mie Sedap rebus dengan dua rasa tadi yang dijajakan oleh toko tsb. saya coba ceck dan semua tanggalnya sama, kadaluarsa!! MASYA ALLAAAAAHHH!!!

dua Dus Mie Sedap Instan yang Kadaluarsa

         Saya coba ceck ke rak tempat mie di toko yang sama, mencoba ceck harga aslinya untuk yang belum kadaluarsa, ternyata harganya $10/pack dengan best before tgl 13 /10/13. Makin kesal saya!


Lalu saya beranikan diri untuk bertanya sama cece penjualnya dengan membawa 1 pack mie yang kadaluarsa tsb.

saya: "cece, ini tanggal kadaluarsanya kan?"
cece: "iya, dek. masih bulan sekarang"
saya: "emang sekarang tgl brp ce?"
cece: "delapan (pake cantonese)"

Hahhh??? kaget saya, padahal kan skrg jumat tgl 23/08/13. Apa jangan-jangan cece ini lupa tgl sekarang ya?? makannya dia pikir masih bisa dijual karena pikirnya masih ada sisa 11 hari lagi sebelum tgl kadaluarsa. Saya coba ceck lagi dengan pertanyaan selanjutnya.

saya : ",cece skrg tgl 23 lho, kemarin- kemarin ja baru habis 17 agustusan kan ce?"
cece : "ah gak papa dek masih bisa kok masih bulan ini". jawabnya sedikit terbata-bata dan gugup.

kemudian saya berusaha sedikin menginformasikan kepada cece ini tentang bahayanya mengkonaumsi makanan kadaluarsa.

"ah mereka juga gak tau, dek, gak ngerti. yang tau juga tetap saja membeli. mereka tidak takut, lagipula tidak pernah terjadi apa-apa" timpalnya sambil sedikit cengengesan.

        Sedikit kecewa saya mendengarnya. apa lagi dengan pernyataannya yang membenarkan penjualannya ini, yang memang sudah biasa dilakukannya, ditambah lagi kurangnya kepedulian kita sebagai konsumen yang masih saja mau membeli hanya karena harganya murah.

    Perlu diketahui bahwa, mengkonsumsi makanan kadaluarsa itu sangat berbahaya, bahkan bisa menyevabkan kematian bila saat terkontaminasi tidak segera mendapatkan pertolongan. Memang terkadang gejala yang dirasakannya tidak seketika, paling cepat gejala dirasakan 30 menit sejak makanan tersebut dikonsumsi dan bervariasi bergantung pada organisme penyebabnya.

    Menurut Dr. Nadia Oktavia pada situs Klickdokter.com menjelaskan bahwa pada kontaminasi stafilokokus (infeksi yang ditimbulkan karena terdapatnya bakteri gram positif stafilokokus) dapat terjadi dalam kurun waktu 1 jam, hingga 10 hari dalam kasus campylobacter (infeksi saluran pencernaan atau infeksi darah yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter). Bahkan pada infeksi parasit seperti Giardia, gejala dapat berlangsung dari 1 hari hingga beberapa bulan tergantung tipe infeksinya.

dan berikut gejala-gejala yang perlu diwaspadai pada keracunan makanan:
-Tanda-tanda dehidrasi seperti: mulut kering, produksi urin berkurang, pusing, mata cekung;
-Diare;
-Kram perut;
-Muntah;
-Demam;
-BAB berdarah atau berwarna hitam.

          Saya sendiri tidak begitu paham dengan hukum di Hong Kong mengenai kasus ini, setahu saya setelah membaca artikel pada situs Badan Inteligen Negara RI, di Indonesia pada 27 Juli 2013 saat Menyambut Lebaran Idhul Fitri, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di berbagai kota, dan menemukan masih banyak makanan kadaluarsa beredar di pasaran. Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan DKI Jakarta telah merazia produk makanan sepanjang Bulan Ramadan, seluruh makanan kadaluarsa disita dan dimusnahkan.

       Pada situsnyapun disebutkan bahwa Menjelang Lebaran Idhul Fitri ada kecenderungan masyarakat berbelanja banyak makanan kalengan, apalagi diiming-imingi diskon besar. Sehingga konsumen lupa dan kurang memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera pada label setiap produk makanan. Padahal efek negatif yang ditimbulkan dari konsumsi makanan yang sudah kadaluarsa sangat merugikan kesehatan. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh pedagang nakal yang berusaha memanfaatkan ketidaktahuan dan kealfaan dari konsumen untuk membeli produk makanan. dan langkah sedini mungkin untuk mengantisipasi makanan kadaluarsa harus dimulai dari konsumen, selain dengan himbauan untuk tidak membeli makanan yang tidak izin beredar baik dari BPOM maupun Departemen Kesehatan (Depkes), serta dengan membekali diri pengetahuan informasi yang cukup untuk mensortir sendiri produk apa yang layak dikonsumsi dan tidak.

Dalam artikelnyapun Klik here terdapat berbagai info penting mengenai pengetahuan barang-barang kadalyarsa, pengetahuan istila-istilah penting yang harus dukenali yang biasa tertera dalam kemasan, juga tips aman berbelanja.

Ayok mulai sekarang lebih teliti, jadilah konsumen yang cerdas dan bagi penjual mulailah peduli akan kesehatan! dan Jangan Nakal lagi yaaa... ;-)

ini ASLI dan saya punya bukti vidio saat percakapan dengan cece ;)

posted under |

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

my ad

Entri Populer

Icha Julliand. Diberdayakan oleh Blogger.

Dapet Uang dari Survey? Gampang!

Dapet Uang dari Survey? Gampang!
Gabung di NusaResearch

Terima Service Hp/Gadget

Terima Service Hp/Gadget
Hubungi 085759034327 Cod Subang

.

Curhat Bareng ci Pesek My Facebook Login Page
ci Pezek's Diary Blog Glitter Photos
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِِ

AKU__"ci pesek" berasal dari gubuk sederhana yang berada di salah satu desa terpencil di kota Subang Jawa Barat Indonesia sengaja buat blog ini ingin berbagi cerita tentang kehidupan yang aku jalani lewat tulisan2 ku disini,, berharap bisa sharing dan memetik hikmah dari segala masalah yang kualami, memetik makna dari setiap lika-liku hidup ini,,
semoga pembaca semua bisa menjadi teman yang baik untukku

Recent Comments


animasi bergerak gif
My Widget
Efek Blog